Sejarah Perkembangan Komputer Bagian I






Pada zaman dahulu awal mulanya muncul komputer terjadi ketika perang dunia berlangsung dan dibuatnya komputer dengan tujuan semata - mata demi kepentingan militer. Terbukti di masa-masa awal kelahirannya, penyokong dana terbesar untuk membangun sebuah komputer adalah pemerintah resmi yang punya ambisi besar untuk menggunakannya sebagai alat untuk mendukung kepentingan-kepentingan militer di kala itu.

1. Sejarah Perkembangan Komputer – Generasi Pertama

– ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer)

Sejarah-Perkembangan-Komputer-ENIAC-Electronic-Numerical-Integrator-and-Computer



Sejarah komputer generasi pertama yang diakui dan berhak menyandang gelar sebagai perangkat tercanggih di jamannya kala itu berawal dari ENIAC, singkatan dari Electronic Numerical Integrator and Computer. Ini merupakan komputer yang proses pembangunannya memanfaatkan konsep Vincent Atanasoft tentang penggunaan elektronika untuk melakukan penghitungan.
Komputer ini yang memiliki bentuk bukan main besarnya untuk ukuran satu komputer saja. Disebutkan bahwa ENIAC memiliki bobot seberat 30 ton, tinggi 2,4 meter, dan panjang yang mencapai 30 meter ! Sangat besar sekali bukan ?


Lahir berkat sokongan dana yang dialirkan dari kantong Angkatan Darat Amerika Serikat di kala itu, ENIAC merupakan komputer hasil racikan para ahli dari Universitas Pennsylvania. Perancang resminya adalah John Presper Eckert dan John W. Mauchly yang memiliki cita-cita sangat jelas yakni mencari solusi tercerdas dalam menciptakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Harvard Mark I yang dikenal memiliki proses sangat lamban.


Untuk mengoperasikan komputer generasi pertama tersebut, dibutuhkan daya listrik yang sangat besar yakni mencapai 160kW. Dalam penggunaannya, ENIAC menggunakan tabung hampa udara (vacum-tube) yang terbuat dari kaca untuk penguat sinyal. Sementara sistem luarnya menggunakan magnetic tape dan magnetic disk yang berukuran cukup besar.


Namun besarnya bentuk komputer generasi pertama ini rupanya bukan satu-satunya masalah yang menjadi kendala bagi para ilmuwan di masa itu. Selain membutuhkan ruang kosong yang luas hanya untuk menaruh satu komputer saja, komposisi penggunaan komponen yang masih jauh dari kesan ‘canggih’ menimbulkan serangkaian kekurangan seperti :
  • Komputer generasi pertama cepat mengeluarkan panas yang berlebih sehingga beberapa komponen jadi gampang pecah.
  • Kapasitas memori yang tersedia masih sangat kecil dan terbatas.
  • Perintah dan proses eksekusi masih ditanggapi dengan respon mesin yang relatif lambat.
  • Bahasa program yang ditanamkan masih sangat terbatas menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu.







Sumber   :   Google

Reviews:

Post a Comment

One Piece © 2014 - Designed by Templateism, Distributed By Blogger Templates | Templatelib

Contact us

Powered by Blogger.