Sejarah Perkembangan Komputer Bagian II








– EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)

Pada pertengahan 1940-an, muncullah seorang ilmuwan jenius John von Neumann yang memutuskan untuk bergabung dengan tim Universitas Pennsylvania dalam pengembangan komputer yang masih terus berlanjut. Nama Von Neumann menjadi sangat terkenal kala itu, karena pada tahun 1945 ia menjadi orang pertama yang berhasil mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC), sebuah perangkat memori yang digunakan untuk menampung program atau data.

Sejarah-Penemuan-Komputer-EDVAC-Electronic-Discrete-Variable-Automatic-Computer-dan-John-von-Neumann


John von Neumann dan EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)
Hingga 40 tahun sejak ditemukannya EDVAC, konsep yang digunakan pada perangkat buatan Von Neumann tersebut masih terus dipakai sebagai bahan referensi dalam teknik komputer. Sistem kerja yang digunakan EDVAC menitik beratkan pada unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Kondisi tersebut memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat, dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali.


– Harvard Mark II

Sejarah-Singkat-Komputer-Harvard-Mark-II 
 Pembuatan komputer otomatis pertama di dunia, 



Harvard Mark I rupanya masih terus berlanjut demi mendapatkan hasil yang lebih sempurna. Berkat sokongan dana dari Angkatan Laut Amerika Serikat, pada tahun 1947 Aiken bersama Unversitas Harvard akhirnya berhasil menciptakan generasi kedua dari Harvard Mark yang kemudian diberi nama Harvard Mark II.


Tidak seperti Harvard Mark I yang dibangun dengan counter elektro-mekanis, pada generasinya yang kedua ini sudah menggunakan relay elektromagnetik berkecepatan tinggi. Alhasil proses yang dibutuhkan untuk mencerna perintah bisa dipangkas jadi lebih singkat dengan waktu tambahan sekitar 0.125 detik (8 Hz), sekaligus menjadikannya lebih cepat dari kemampuan yang bisa dihasilkan pada Harvard Mark I.


Sebagai perbandingan, Harvard Mark II lebih cepat 2,6 detik untuk melakukan perhitungan tambah/kurang, dan lebih cepat 8 detik untuk menghitung perkalian dibandingkan Harvard Mark I. Sayangnya komputer yang masih memiliki ukuran super besar tersebut dibuat dengan program yang sangat rumit. Alhasil efisiensi yang dihasilkan pun terasa masih sangat kurang.







Sumber    :   Google

Reviews:

Post a Comment

One Piece © 2014 - Designed by Templateism, Distributed By Blogger Templates | Templatelib

Contact us

Powered by Blogger.