Sejarah Perkembangan Komputer Bagian III






Sejarah-Perkembangan-Komputer-Harvard-Mark-III-ADEC


– Harvard Mark III (ADEC)
 

Sejarah perkembangan komputer Harvard Mark II masih terus dilanjutkan pada generasi yang lebih maju yakni Harvard Mark III, atau juga dikenal dengan nama ADEC (Aiken Dahlgren Electronic Calculator).


Harvard Mark III tergolong generasi komputer pertama yang dibangun dengan komponen elektronik dan elektromekanis. Terdiri dari 16 bit dengan 5.000 tabung vakum dan 1.500 dioda kristal, Harvard Mark III telah menggunakan memori magnetik drum yang bisa menyimpan 4.350 kata.


Aiken mengklaim bahwa Harvard Mark III adalah komputer elektronik tercepat di dunia untuk masa itu. Dengan proses operasi yang bertambah cepat, Harvard Mark III dapat melakukan perhitungan tambah/kurang dalam tempo 4.400 mikrodetik dan menghitung perkalian dalam tempo 13.200 mikrodetik (termasuk waktu akses memori).


Harvard Mark III resmi dioperasikan pada September 1949 dan dikirim ke pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Dahlgren, Virginia pada bulan Maret 1950, untuk digunakan sebagai keperluan militer di masa itu.


– UNIVAC I (Universal Automatic Computer I)

Sejarah-Komputer-Generasi-Pertama-UNIVAC-I-Universal-Automatic-Computer-I


Sejarah perkembangan komputer berikutnya berlanjut di tahun 1951. Dimana seorang penemu bernama Remington Rand berhasil menciptakan komputer yang diberi nama UNIVAC I (Universal Automatic Computer I). Ini merupakan komputer komersial pertama yang dalam proses pembangunannya mengadopsi model desain yang diciptakan oleh Von Neumann. UNIVAC I juga merupakan komputer pertama yang menggunakan pita magnetic sebagai piranti masukan dan keluaran.


Manfaat UNIVAC telah dirasakan oleh Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric yang menggunakannya sebagai alat untuk menghitung data yang berjumlah sangat banyak. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.


Remington Rand berhasil menjual 46 mesin komputer ini dengan harga lebih dari satu juta dollar US, dengan harga pabrik 750.000 di tambah printer berkecepatan tinggi seharga US$ 185.000.






Sumber  :  Google

Reviews:

Post a Comment

One Piece © 2014 - Designed by Templateism, Distributed By Blogger Templates | Templatelib

Contact us

Powered by Blogger.